Kamis, 27 Oktober 2011

MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI


Teks wawancara merupakan bentuk penyajian informasi berupa tanya jawab antara pewawancara dan narasumber. Untuk menceritakan atau menyampaikan kembali hasil wawancara kepada orang lain, teks wawancara perlu diubah dalam bentuk narasi. Narasi merupakan bentuk karangan pengisahan suatu cerita atau kejadian.
Langkah-langkah mengubah teks wawancara menjadi narasi:
1. Bacalah teks wawancara dengan cermat.
2. Catatlah pokok-pokok isi wawancara.
3. Buatlah pengantar ke arah isi wawancara.
4. Narasikan isi wawancara dengan mengembangkan pokok-pokok isi.
5. Lengkapilah narasi dengan bagian penutup.


1 komentar:

  1. bisa gak diubahkan ke bentuk narasi

    Pewawancara: Selamat pagi pak! Bagaimana dagangan hari ini ?

    Pedagang: Alhamdulillah lancar

    Pewawancara: Darimana bapak terinspirasi untuk berdagang bakso?

    Pedagang: Saya terinspirasi dari kakak saya yang berdagang bakso di Semarang.Disana saya di ajarkan cara membuat bakso yang enak.

    Pewawancara: Sejak kapan Bapak berjualan bakso disini?

    Pedagang: Sekitar 1990

    Pewawancara: Bahan apa saja yang di gunakan untuk membuat bakso?

    Pedagang: Bahannya sangat banyak,yang paling utama adalah daging dantepungnya kalau bumbunya itu masalah gampang.

    Pewawancara: Siapa yang membantu bapak membuat bakso?

    Pedagang: Istri saya yang membuat bumbunya sedangkan anak saya yangmembantu saya membuat bulatan bakso

    Pewawancara: Berapa keuntungan dari berjualan bakso perharinya pak?

    Pedagang: Ya,hanya cukup untuk makan sehari-hari sekitar Rp.60.000,00

    Pewawancara: Apakah bapak nyamanberjualan bakso di daerah ini?

    Pedagang: Saya sangat nyaman kareba orang-orang disini tidak usil.

    Pewawancara: Terimakasih pak atas informasi dari bapak.Saya permisi pulang.

    Pedagang: Ya, sama-sama.

    BalasHapus